relief batu paras

Pembuatan kerajinan Ukir batu alam Di Jogja

Relief yang beredar kebanyakan terbuat dari berbagai macam bahan baku untuk pembuatanya, yang akan kami jelaskan disini adalah jenis relief yang terbuat dari bahan batu alam paras putih untuk pembuatanya, sebelum bercerita lebih banyak mengenai kerajinan relief yang mempunyai unsur hiasan dan unsur sebuah cerita. kini kami akan mencoba mengulas satu persatu tentang deskripsi relief dan pembuatanya, Relief bisa berupa isi sebuah cerita rakyat, cerita kerajaan dan sejarah lainya. sebagai contoh Kita bisa melihat relief di bangunan candi di Indonesia,kurang lebih jenis relief yang di gunakan seperti gambar berikut ini.
relief batu paras
relief batu paras
 jenis Relief ini termasuk ke dalam sebuah jenis relief yang memiliki motif ragam hias bercorak campuran, kami menyebutnya demikian karena ada-nya bentuk tumbuhan dan hewan yang di lekatkan kedalam motif relief yang di hasilkan, pola ragam hias yang di kenal pada pembuatan relief  terdapat banyak ragamnya dan semua bergantung pada jenis adat asal pembuatan relief itu sendiri, sebagai contoh saja pada beberapa daerah di indonesia terdapat motif khas bengkulu, motif toraja, motif khas Jawa,batak, bali, dan lain sebagainya semua daerah di indonesia memiliki ragam yang berbeda untuk jenis relief yang di buatnya.
Cara membuat relief Batu paras
1. Teknik pembuatan kerajinan relief batu paras
pembuatan ukir batu
pembuatan ukir batu
     persiapkan bahan batu, pahat, penggaris, kertas,pen warna, gunting,Cutter
  1. buat pola terlebih dahulu menggunakan lembaran kertas berukuran sesuai dengan jenis relief yang akan di buat
  2. Gambarlah pola Relief yang akan di buat pada selembar kertas yang sesuai ukuran relief.
  3. potong pola relief tersebuat menggunakan gunting/cutter. setelah pemotongan Letakkan pola di atas lempengan batu paras putih. Lalu potong batu paras sesuai pada pola.
  4. apabila pola yang di buat berbentuk lingkaran, kita bisa membentuknya dengan menggunakan alat jangkar yang di putar
  5. lakukan pemotongan sesuai pola yang telah di buat
2. Teknik memahat batu paras
proses pembuatan ukir batu
proses pembuatan ukir batu
    Siapkan
     Pahat yang terbuat dari besi/baja
   dalam proses pemahatan awal ini hal yang perlu di perhatikan adalah berhati hati dalam menggunakan alat pahat, pilih alat pahat ukir ang sesuai dengan karakter batu. sebab kesalahan dalam penggunaan alat pahat batu terkadang dapat menyebabkan bahan menjadi pecah..
Hal yang perlu di persiapkan sebelum memahat batu
  1. sediakan batu paras yang sudah di ratakan menjadi lempengan
  2. Gunakan pensil wanra untuk membuat pola dan sketsa di atas batu paras
  3. Cungkil bagian yang perlu di buang dengan alat pahat yang sesuai
  4. lakukan pemahatan berikutnya sampai proses pembuatan selesai
  5. finishing pembuatan relief bisa menggunakan ampelas untuk merapikan permukaan hasil kerajinan yang di buat
  6. bersihkan dengan air dengan cara di semprot untuk menghilangkan debu hasil percikan batu dan relief siap untuk di gunakan.
Peminat Relief batu paras
relief yang terbuat dari batu paras semakin banyak di minati, ini semua tidak luput dari teknik pembuatanya yang sangat sederhana dan membutuhkan ketrampilan serta ketelitian untuk menghasilkan hasil karya seni relief yang lebih berkualitas, meskipun banyak produsen batu alam yang telah menggunakan alat ukir modern dalam proses pembuatanya, namun tampaknya pecinta seni relief justru lebih bijak untuk membeli, umumnya pembeli yang akan menggunakan kerajinan relief lebih memilih menggunakan seni ukir yang di buat menggunakan alat pahat sederhana, dengan alasan nilai unsur seninya lebih tinggi.
Tempat pembuatan kerajian ukir batu alam di jogja
Fauziahstone
satu tempat yang sudah tidak asing lagi di kalangan penggemar seni ukir batu alam, fauziahstone menyediakan berbagai macam kerajinan yang terbuat dari batu paras putih dengan metode pembuatan manual yang di kerjakan langsung oleh pakar seni ukir batu di gunungkidul Yogyakarta.
fauziahstone ini adalah suatu kelompok pengrajin yang bergerak dalam bidang pembuatan kerajinan ukir batu dengan bertempat di suatu lingkup pedesaan yang mana dari lingkup tersebut berisi sekumpulan seiman berpengalaman dalam bidang seni ukir, fauziahstone ini sengaja di dirikan di dalam lingkup pedesaan untuk membuktikan bahwa segala macam produk yang ada di tempat kami adalah murni hasil karya sendiri dan ini adalah sebagai bukti bahwa fauziahstone adalah sekelompok pengrajin yang menjual secara langsung hasil karya-nya kepada masyarakat luas melalui online dan offline.
untuk memastikan keberadaan pengrajin fauziahstone ini pembeli dapat bebas berinteraksi dengan pengrajin sebelum memutuskan untuk membeli, diantaranya adalah di berikanya kebebasan dalam membeli secara langsung ke tempat produksi, cara seperti ini akan lebih meningkatkan kepercayaan oleh semua calon pembeli.
layanan dari fauziahstone juga tidak hanya sampai pada tahap pembelian batu alam di tempat produksi, karena pengrajin fauziahstone juga mampu melayani pesanan pembuatan ukir batu dari tahap pembuatan sampai pemasangan di tempat pelanggan semua itu dapat di kerjakan oleh pengrajin fauziahstone
recent post ;

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *